Sunday, January 15, 2012

"Anda Dalang Malari, kan?"

Foto: google.com


15 Januari 1974, seorang polisi dengan tubuh kekar berotot, bersama beberapa anak buahnya,
menyatroni sebuah rumah di jalan Tanaka Kakuei.

"Apa anda Dalang?" tanya polisi itu kepada pria pemilik rumah.
"Ya," jawab si pemilik rumah dengan tubuh gemetar diserati rasa penasaran.
"Pengawal, tangkap dia!" ujar polisi itu kepada anak buahnya yang akhirnya memborgol pria itu.

"Apa salah saya, pak? Apa salah saya?" teriak pria itu dengan meronta-ronta.

"Jangan berpura-pura! Nama anda Ali, kan? Dan anda dalang Malari, kan? Anda juga eks PSII dan Masyumi kan?" tanya si polisi dengan wajah yang sangar dan pandangan mata yang menusuk.

"Dasar polisi bego! Bapak salah tangkap! Nama saya itu Soemitro! Saya itu dalang OVJ! Saya juga bukan eks PSII tapi PSIS Semarang. Kalau Mak Syumi, nama panggilan ibu saya."



M. Fathir Al Anfal (15 Januari 2012)

*Di sana gunung, di sini gunung. Penulisnya bingung, pembacanya juga bingung. =)
Cerita yang sedikit ngawur ini dipersembahkan untuk mengenang tragedi Malari, 15 Januari 1974.

No comments:

Post a Comment